Brandmarketers.id

Brandmarketers.id

Cara Mudah Membuat Landingpage

Apa itu landingpage ?

Landingpage menurut hemat saya ia adalah halaman yang di khususkan untuk salespage atau halaman penawaran baik produk digital maupun produk fisik. Pada umumnya landingpage hanya terdiri dari satu halaman saja, tentu ini berbeda dengan website yang terdiri dari beberapa halaman bisa sampai puluhan halaman tergantung kebutuhan website itu sendiri.

Masalah dalam pembuatan landingpage

Tahukah anda bahwa membuat sebuah halaman penawaran atau salespage itu, dibutuhkan keahlian khusus ! Entah itu dari sisi desain salespage maupun copywriting nya. Masalah utama yang sering saya hadapi sendiri ketika membuat landingpage adalah mentoknya untuk menemukan ide desain , betapa susah nya untuk membuat satu halaman penawaran saja. Disamping kita harus mengenal produk yang ada pada halaman salespage itu, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu kepada siapa kita akan menawarkan produk tersebut. Sehingga kita tidak salah dalam membuat kalimat penawaran atau yang biasa disebut copywriting.

Mungkin dari sisi desain landingpage yang saya buat sangat menarik dan eye catching , akan tetapi jika itu tidak menghasilkan konversi atau penjualan maka kita masih kurang tepat mengajak berbicara audience atau target market suatu produk. Pernahkah anda berkunjung kepada suatu halaman penawaran disamping desain nya yang norak dan ga menarik, pun begitu pula detail produk yang ditawarkan tidak jelas . Kurang nya informasi pada halaman penawaran, maka pengunjung akan lebih cepat meninggalkan halaman penawaran itu tanpa membacanya sampai selesai. Tentu ini merugikan anda , karena bagaimana anda akan mendapatkan pembeli jika penawaran anda pun tak dibaca sama sekali ? Ini adalah tugas berat saat membuat landingpage.

Solusi dalam membuat landingpage

  • Membayar Jasa

Mungkin ada sebuah solusi dimana anda akan membayar jasa pembuatan landingpage, yang rata-rata harga jasa nya mulai dari 450rb bahkan bisa sampai jutaan (waw sangat mengerikan). Tapi ini merupakan solusi praktis , ketika anda lebih memilih jasa. Karena biasanya jasa pembuatan landingpage sudah termasuk desain dan copywriting nya (kalimat penawaran). Tapi ada sisi buruknya jika anda harus membayar jasa pembuatan landingpage ini terus-menerus, iya anda harus mengeluarkan biaya ekstra ! Bayangkan jika satu landingpage 450rb jika di kali 10 landingpage ? Maka anda harus mengeluarkan biaya 4,5jt ! (wow).

Tentunya ini akan menguras isi dompet pada rekening anda bukan ? Apalagi jika anda adalah seorang pebisnis pemula , saya rasa bukan biaya yang sangat sedikit.

  • Membeli Template

Jalan pintas yang satu ini tidak sedikit diambil oleh kalangan pebisnis pemula begitupun saya sendiri, disamping biaya yang lebih murah kita pun dapat menggunakan nya untuk keperluan pribadi dan menggunakan nya untuk landingpage orang lain (client). Terlebih template itu sendiri dapat kita edit sesuka hati kita maupun sesuai kebutuhan kita.

Mungkin akan muncul banyak pertanyaan darimana template landingpage itu kita bisa membelinya?

  1. Pertama anda bisa berlangganan di elementor landingpage factory , namun ini memerlukan biaya berlangganan yang tidak murah. Disisi lain anda harus berlangganan elementor pro, bisa anda cek di website resmi elementor.com
  2. Kedua anda bisa membeli template dari Landfoster.co ada 300+ template yang bisa anda gunakan untuk keperluan pribadi maupun projek client. Yang saya suka adalah biaya yang lebih murah dan berkualitas tanpa harus membayar biaya berlangganan (cukup sekali bayar).
  • Mengikuti Ecourse

Cara yang terakhir ini sangat menguntungkan disamping dapat ilmu untuk membuat landingpage sendiri, anda bisa menjual jasa pembuatan landingpage maupun membuat template berupa file JSON untuk landingpage dan menjualnya di Marketplace internasional maupun local. Namun cara terakhir ini membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Manfaat menggunakan landingpage

  1. Membuat halaman yang difokuskan hanya pada penawaran produk tertentu.
  2. Konversi pada penjualan dengan menggunakan teknik copywriting dan penempatan tombol call to action yang pas pada tempatnya.
  3. Bisa digunakan untuk mengarahkan pembeli dari iklan google ads maupun Facebook ads.
  4. Menjaring prospek atau calon pembeli agar lebih mengenal apa produk kita dan siapa kita.
  5. Sebagai etalase digital untuk memajang produk.
  6. Bisa digunakan untuk bisnis apapun.
  7. Online selama 24jam. Sehingga anda tidak banyak membuang waktu untuk menjelaskan produk.

Sekarang anda bisa mencoba nya, untuk mulai membuat landingpage pertama anda.

Silahkan 300+ done for you template Download disini

Semoga artikel pada brandmarketers.id bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!