Brandmarketers.id

Brandmarketers.id

Psikologi Marketing Vs Marketing Langit

Psikologi Marketing Vs Marketing Langit

Sekilas terlihat seperti membandingkan antara keduanya ..

Ada banyak sekali penerapan dalam ilmu Marketing terutama dalam sisi psikologis.

Tips Penerapan Psikologi Marketing :

Pernahkah gak sih Anda bertanya-tanya mengapa begitu banyak perusahaan makanan cepat saji seperti KFC dan McDonald’s menggunakan warna merah dalam logo mereka?

Banyak orang berpendapat bahwa karena secara psikologis, warna merah membuat orang merasa lebih lapar. Sementara yang lain berpendapat bahwa itu hanyalah warna cerah yang mencolok dan menarik perhatian.

Lalu, bagaimana sih cara untuk mengaplikasikan psikologi marketing dengan benar pada bisnis Anda?

  • Membangkitkan Emosional Calon Pelanggan

Pernahkah Anda membeli sesuatu hanya karena barang yang Anda beli tersebut bisa meningkatkan mood dan membuat Anda bersemangat? barang tersebut membuat Anda lebih Percaya Diri.
Sepertinya, hal tersebut sering dialami oleh banyak orang di dunia ini. Menurut beberapa pakar neuroscience, emosi adalah unsur yang diperlukan dan paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Apakah Anda memutuskan untuk membeli snack favorit sampai kepada mobil impian Anda. Pertimbangan-pertimbangan seperti bagaimana spesifikasi, fungsi, dan hal teknis lainnya akan dikalahkan oleh emosional seorang pembeli.

Jadi, beri tahu pelanggan Anda betapa hebatnya produk Anda dengan menunjukkan fitur dan spesifikasinya, beri tahu mereka bagaimana hal itu akan membuat mereka merasa senang, nyaman, dan puas ketika mereka menggunakannya.

Jika Anda dapat membangkitkan emosional konsumen, mereka akan lebih cenderung membentuk koneksi pribadi dengan brand Anda. Dan ini tentu akan berujung pada peningkatan penjualan bisnis Anda. Konsumen pum akan merasa lebih puas dengan produk Anda. Karena tidak hanya spesifikasi yang bagus, produk Anda juga berhasil memberikan kesenangan pada pelanggan Anda.

  • Perlihatkan Bukti Sosial (Social Proof)

Anda pasti pernah melewati restoran baru di lingkungan Anda, melihat antrean pengunjung di pintu restoran, parkiran kendaraan pelanggan penuh dan berpikir, “Wow, menu restoran itu pasti enak nih! Saya harus pergi ke sana!“.
Maka Itu adalah contoh manifestasi dari bukti sosial atau Social Proof.

Ketika publik melihat bahwa suatu toko, produk, atau pelayanan bisnis disukai oleh orang lain, produk ataupun layanan bisnis itu secara tiba-tiba akan mendapatkan nilai yang lebih besar.

Kekuatan Bukti Sosial lebih jauh ditunjukkan oleh fakta bahwa pembeli cenderung akan membaca ulasan , review atau testimoni suatu produk sebelum mereka membeli produk tersebut. Dengan menunjukkan Bukti Sosial di akun media sosial atau situs web Anda – baik dalam bentuk ulasan pelanggan, testimonial, rating, dan lainnya – calon pelanggan akan ikut mengantre dalam antrean pengunjung bisnis untuk membeli produk atau jasa bisnis Anda.

Meskipun pada mulanya hanya penasaran, sosial proof bisa meningkatkan rasa keingin tahuan pelanggan.

Disini bisa kita tarik kesimpulan jika sebuah ulasan atau testimoni dari pelanggan sangat berpengaruh besar dalam membentuk social proof. Jadi, jangan lupa untuk memberi tahu kepada pelanggan kita untuk memberikan review atau ulasan setelah membeli produk dari kita.

Mungkin 2 hal itu sangat berpengaruh dalam bisnis anda . Tapi perlu anda ketahui bahwasanya ada yang lebih menarik dari psikologi Marketing .

MARKETING LANGIT

Yang dimaksud marketing langit disini adalah hubungan rohani atau interaksi kita dengan sang pemilik rezeki lewat ritual ibadah .

  • Bisa dengan sedekah
  • Bisa dengan sholat Sunnah
  • Amalan-amalan yang di anjurkan oleh sunnah nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam
  • Berbakti kepada orang tua

Kali ini kita akan bahas satu saja , dimana amalan ini lebih baik dari seluruh alam dunia dan seisinya .

Coba perhatikan gambar berikut !

Saya mendapatkan notifikasi dari aplikasi hadits , yang mana isinya adalah ajakan untuk berwirausaha lewat jalan Allah .

MODAL MINIMAL , UNTUNG MAKSIMAL , MAU ?

Sebagai internet marketing tentu saja kita ingin mendapatkan keuntungan besar dengan modal yang kecil . Padahal itu mudah saja bisa diraih , asal kita niatkan untuk ibadah .

Jadi Marketing Langit itu berwirausaha melalui jalan Allah , tentu saja cara ini akan mendatangkan keberkahan. Bukankah bisnis yang baik itu adalah bisnis yang mendekatkan diri kepada Allah ?

Jelas Marketing Langit ini akan lebih efektif dibandingkan cara yang lain . Lagi diem eh tiba-tiba dapat transferan (bukti rezeki ada dimana-mana)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!